Penggunaan Teknologi Olah Raga Lari Sprint di Ajang Olimpiade Tokyo

Olimpiade Tokyo 2020 yang dimulai dengan pertandingan sepak bola dan bisbol sebelum dilaksanakannya pembukaan pada waktu setempat, akan ditampilkan sejumlah teknologi olahraga terbaru. Salah satunya adalah dengan menggunakan teknologi olah raga lari sprint.

Acara Olimpiade Tokyo ini hadir dengan beraga, teknologi modern yang baru dan tidak akan And lihat di tempat lainnya. Selain dari pada penggunaan berbagai jenis kendaraan elektrik, Intel juga terlihat tengah memperlihatkan teknologi penjejakan 3D terbarunya.

Teknologi Olah Raga Lari Sprint

Teknologi ini dinamakan 3DAT atau 3D Athlete Tracking. Teknologi 3DAT ini akan merekam jejak aktivitas dari para atlet yang ada di acara Olimpiade Tokyo secara menyeluruh.

Nah, teknologi 3DAT ini dikatakan sangatlah mengesankan, karena semua pergerakan dari para atlet ini akan terekam dengan sempurna. Dan dari hal inilah, maka para penyiar acara Olimpiade Tokyo ini diperbolehkan untuk menggunakan visual overlay untuk menunjukkan berbagai statistic mengenai para atlet tersebut.

Pihak Intel juga mengatakan bahwa akan menggunakan teknologi tersebut dalam acara olaharaga, seperti halnya pecut 100 meter, dan masih banyak lagi lainnya. Teknologi ini juga akan digunakan secara bersamaan dengan rangkaian 5G yang sedang dibangun saat ini oleh Jepang.

Hal ini juga menjanjikan bahwa data yang akan diterima dan dipaparkan nantinya di pertelevisian sudah sangat tepat dan benar. namun, bukan hanya itu saja, Intel juga turut bekerjasama dengan pihak International Olympic Committee atau IOC.

Selain itu, pihak Intel juga akan menggunakan teknologi reality maya sebagai sebuah alat latihan untuk urusetia dari acara Olimpiade Tokyo tersebut.

Disamping itu, pihak Intel juga melaporkan bahwa cip pemrosesan yang akan digunakan dalam menugaskan system pemindaian wajah atau NeoFace inilah yang akan mengenali para staf dan atlet dalam acara Olimpiade Tokyo tersebut.

Mengenal 3D Athlete Tracking atau 3DAT

  • 3D Athlete Tracking atau yang lebih sering disebut dengan 3DAT ini merupakan sebuah teknologi olah raga lari sprint dengan menggunakan 4 kamera pan-tilt. Dimana kamera ini dipasang di stadion sebagai sebuah venue dalam pertandingan Olimpiade Tokyo tersebut.
  • Fungsi dari 3D Athlete Tracking atau 3DAT ini adalah untuk merekam pergerakan dari para atletnya. Nah, nantinya hasil dari kamera tersebut pun kemudian akan masuk ke dalam computer milik OBS.
  • Selain itu, hasil kamera ini juga akan dianalisa terlebih dahulu melalui teknologi kecerdasan buatan manusia. Setelah itu, data kecepatan dari para atlet pun akan ditampilkan dalam siaran pertandingan tersebut.
  • Adapun proses pengumpulan data sekaligus analisa datanya sangatlah cepat, sehingga para penonton pun bisa segera mendapatkan informasi lengkap mengenai nama atlet, sekaligus kecepatannya.

Nah, di acara Olimpiade Tokyo ini, teknologi 3D Athlete Tracking atau 3DAT ini hadir di cabang olaharaga atletik untuk jarak 100 meter, 200 meter, relay 4 x 100 meter, dan masih banyak cabang atletik lainnya.

Foto Garis Finish

  • Foto garis finish ini bisa dijadikan sebagai salah satu langkah jitu dan menjadi andalan dalam perlombaan pacuan kuda, lintasan lari, serta untuk beberapa jenis olaharaga lapangan lainnya.
  • Pencatatan waktu secara elektronik ini memang bisa sangat membantu untuk menentukan siapa yang paling cepat dari sekian banyak peserta atau atlet.
  • Hal ini dilakukan terlebih ketika Anda harus memutuskan siapa pemenang dari dua peserta yang berselisih waktu maupun jarak yang sangat tipis.
  • Team juri pun akan menggunakan hasil dari foto garis finish ini untuk menentukan siapakah pemenang atas perlombaan atletik tersebut.
  • Teknologi foto garis finish ini bahkan bisa merekam 3 ribu gambar untuk setiap detiknya dalam membantu penentuan pemenang perombaan.

Hal inilah yang kemudian menjadi salah satu faktor mengapa pada beberapa jenis pertandingan lari maupun pacuan kuda, beberapa atletnya akan terlihat secara bersamaan ketika memasuki garis finish. Namun, hanya aka nada satu yang bisa keluar sebagai pemenangnya.

Inovasi dari teknologi dalam olahraga atletik memang terus dikembangkan dan digunakan dalam berbagai jenis perlombaan, diantaranya adalah lomba renang, lomba lari jangka pendek, hingga lomba pacuan kuda yang memang membutuhkan tingkat keakuratan gambar yang tinggi, sehingga bisa menentukan pemenang dengan lebih cepat dan tepat.

Nah, perkembangan dan inovasu teknologi yang terjadi saat ini memang bertujuan untuk membantu para penggunanya dalam menjalankan aktivitas dan kehidupan sehari-harinya, tak terkecuali dengan kegiatan berolahraga.

Inovasi teknologi dalam dunia olahraga saat ini bahkan sudah seperti sebuah keharusan. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya cabang olahraga yang sangat membutuhkan bantuan dari alat berteknologi tinggi, dan salah satunya adalah untuk teknologi olah raga lari sprint.

dapat dipastikan juga bahwa inovasi teknologi ini akan terus mengalami peningkatan dan perkembangan disetiap waktunya.