Kecanggihan Teknologi Olah Raga Renang di Olimpiade

Jika Anda pernah bertanya seberapa cepat pelari bergerak, maka Olimpiade bisa memberikan jawabannya. Kecepatan pelari ini secara real-time bisa ditampilkan selama siaran berkat sensor canggih yang ada pada baju atlet. Hal ini juga berlaku untuk teknologi olah raga renang di Olimpiade.

Sensor kecerdasan buatan ini bisa secara instal mendigitalkan seluruh gerakan tubuh, sehingga bisa membantu para atlet untuk meningkatkan performanya. Produsen jam Swiss Omega pun telah diberikan tugas untuk mengumpulkan data para atlet selama Olimpiade.

Sensor kecil ini akan dipasangkan pada semua baju atlet. Fungsinya adalah untuk mengumpulkan sekaligus menganalisa sekitar 2 ribu set data per detiknya, seperti halnya kecepatan maupun titik percepatannya.

Perkembangan dan inovasi teknologi memang ditujukan untuk membantu manusia dalam menjalankan segala aktivitas dan kehidupannya. Tak terkecuali juga dengan kegiatan olahraga.

Inovasi teknologi dalam olahraga saat ini bahkan sudah menjadi sebuah keharusan. Dimana hal ini dibuktikan dengan banyaknya cabang olahraga yang sangat membutuhkan bantuan dari alat berteknologi tinggi, salah satu contohnya adalah untuk mempermudah proses perhitungan poin agar hasilnya lebih akurat dan cepat.

Terlebih lagi teknologi ini bisa digunakan untuk olahraga yang memang sudah dipertandingkan secara profesional, baik itu olahraga perseorangan maupun team. Semua akan dilakukan dengan menggunakan alat berteknologi tinggi demi kelancaraan pertandingan tersebut.

Dapat dipastikan, bahwa memang inovasi yang dihasilkan dari teknologi ini akan terus mengalami perkembangan. Semua kebutuhan pun bisa terpenuhi dengan mengikuti perkembangan teknologi. Namun, semua pun harus disesuikan dan diperhitungkan dengan matang.

Nah, berbicara mengenai teknologi dalam olahraga, berikut ini ada beberapa jenis teknologi yang memang digunakan pada olimpiade olahraga cabang renang.

Teknologi Olah Raga Renang Olimpiade

Seperti pada pertandingan bola voli pantai, maka kamera AI pun akan mengukur dimana bola telah dilempar, dan seberapa tinggi pemain bisa melompat. Teknologi analisis serupa pun diperkenalkan pada perlombaan balap sepeda, senam, serta renang.

Teknologi ini akan mengukur keseluruhan dari kinerja seorang atlet. Nantinya, data yang dihasilkan akan dibagikan kepada para atlet maupun pelatih, serta akan digunakan juga untuk mengembangkan program latihan di masa mendatang.

·         Baju Renang LZR

Baju renang LZR ini terbuat dari campuran bahan spandek, polyester, dan nilon. Nah, penampilan para perenang yang menggunakan baju renang LZR ini sangatlah menarik perhatian dari seluruh peserta Olimpiade Beijing di tahun 2008 lalu.

Sudah tidak prelu diragukan lagi, apabila ada 98 persen dari perenang ini bisa meraih medali ketika menggunakan baju renang LZR ini. Sepanjang kompetisi berjalan di tahun 2008 ini, baju renang lZR telah membantu para perenang dalam memecahkan 97 rekor dunia.

Sayangnya, kemudian baju renang LZR ini mulai menghadapi ketidakadilan. Hal ini dibuktikan dengan FINA yang merupakan lembaga renang dunia pada Juli 2009 lalu ini mengumumkan bahwa baju renang LZR ini dilarang untuk digunakan dalam kompetisi.

Setidaknya, pengalaman menggunakan baju renang LZR ini merupakan pengalaman yang tidak terlupakan, terlebih bagi para perennag dunia di tahun tersebut.

·         Teknologi 2D Image Tracking

Teknologi olah raga renang 2D Image Tracking ini hadir untuk menggantikan peran dari GPS dalam melacak posisi para atlet. Dengan teknologi 2D Image Tracking ini, maka proses pelacakan para atlet ini akan ditentukan oleh gerakan dari para atlet dala pertandingan tersebut.

Teknologi 2D Image Tracking ini didukung oleh kamera yang memang bisa mengikuti pergerakan para atletnya selama masa pertandingan dilakukan. Nantinya, hasil dari gambar ini akan masuk ke dalam sistem komputer.

Hal ini pun akan digunakan sebagai keterangan mengenai identitas dari para atlet, kecepatan, serta jarak antar atlet di arena pertandingan.

Tampilan dari label keterangan ini akan muncul di siaran pertandingan ketika sedang berjalan, serta teknologi ini akan memudahkan untuk mengikuti setiap pergerakan dari para atletnya.

Teknologi olah raga renang 2D Image Tracking ini hadir di Olimpiade pada cabang olahraga dayung, sepeda, marathon, triathlon, dan renang pada khususnya.

Teknologi yang digunakan pada Olimpiade ini membuktikan bahwa teknologi memang bisa membuat sebuah pertandingan olahraga menjadi semakin seru dan menjadi lebih akurat dari pada sebelumnya dengan tanpa menggunakan teknologi.

Teknologi ini juga akan membantu dalam menentukan hasil atau poin pertandingan secara lebih cepat dan akurat. Teknologi ini tentunya akan sangat bermanfaat untuk menghindari adanya kekeliruan ketika pertandingan sedang berjalan.

Dan inilah penjelasan singkat perihal teknologi yang digunakan pada cabang olahraga renang. Tentunya dengan semakin berkembangnya teknologi akan semakin banyak melahirkan kemudahan bagi segala aspek, terutama untuk bidang olahraga dengan skala profesional, agar kegiatannya bisa berjalan dengan lancar dan hasil yang didapatkan akan jauh lebih akurat lagi.