Pemakaian Teknologi Olah Raga Rowing / Dayung di Olimpiade

Semakin canggihnya pengaruh IPTEK dalam kehidupan memudahkan semua kalangan dalam melakukan aktifitas. Seperti halnya beberapa jenis olahraga yang diperlombakan pada ajang Olimpiade Tokyo kemarin. Dan yang pantas di acungi jempol yaitu pemakaian teknologi olah raga rowing / dayung. Dimana sistem penjurian memang memakai teknologi GPS.

Global Positioning System atau biasa dikenal dengan sebutan GPS sudah mulai digunakan sejak Olimpiade Rio pada tahun 2016 lalu. Pemakaian sistem GPS ini memudahkan sistem penjurian karena bisa dipakai untuk memantau posisi dayung atau rowing setiap peserta. Sehingga cara ini lebih efisien dibandingkan mengikuti langsung para atlet yang berkompetisi di perairan.

Dayung sendiri menjadi salah satu cabang olahraga yang begitu menarik perhatian. Penonton langsung bisa mengamati semua atlet yang berjuang memenangkan kejuaraan dengan lebih seksama. Semua penonton bisa langsung mengakses melalui aplikasi yang sudah disediakan pihak panitia. Memantau langsung di smartphone, baik posisi dan kecepatan atlet bisa diketahui dari aplikasi tersebut.

Manfaat Teknologi Olah Raga Rowing / Dayung di Olimpiade

Jika dilihat dari segi manfaatnya, pemakaian teknologi olah raga rowing / dayung di Olimpiade memang begitu memudahkan penjurian. Selama ini mengenai penilaian dalam cabang orahraga luar ruangan sering kali menimbulkan polemik. Dibutuhkan kejelian saat penjurian dan penonton sendiri terkadang tidak percaya atas hasil yang disimpulkan pihak panitia.

Tidak hanya itu saja, pemasangan GPS di dayung semua atlet juga memudahkan penonton untuk melihat secara langsung semua atlet yang didukungnya saat sedang berjuang di perairan. Ada juga layar besar sebagai penampil gambar visual mengingat setiap rowing atau dayung peserta sudah dipasang camera. Penonton juga bisa melihat perubahan kecepatan dan taktik yang digunakan tiap tim yang berlaga.

Dayung sendiri memang menjadi satu cabang yang banyak di lirik oleh penonton. Bukan hanya seru dan menantang, perlombaan ini membutuhkan kekuatan tangan dan skil tim yang berlaga. Dengan disematkannya beberapa teknolgi terbaru, bukan hanya mudah dalam mengamati setiap perlombaan namun juga mampu dipakai untuk mengukur kemampuan atlet selama mengikuti semua cabang perlombaan.

Banyak atlet yang senang dengan penerapan teknologi olah raga rowing / dayung yang sudah diterapkan sejauh ini. Setiap tim bisa memantau seberapa kuat dan cepat calon lawan dengan melihat langsung mereka berkompetisi. Penonton pun juga mendapatkan pengalaman baru dengan adanya teknologi canggih dalam setiap cabang lomba.

Selain memakai GPS, dalam cabang olah raga dayung juga digunakan beberapa teknlogi lain.Sejumlah peralatan modern bisa digunakan untuk memberikan kesan nyata saat mengikuti semua jalannya perlombaan. Beberapa jenis alat yang digunakan dalam Olimpiade Tokyo diantaranya berikut ini.

Sistem Replay Multi Camera

Teknologi yang satu ini memang bisa digunakan untuk menayangkan ulang setiap kejadian dalam perlombaan. Memikiki tampilan multi sudut yang bisa memudahkan penonton menyaksikan semua atlet dalam berbagai sudut. Ada sebanyak 80 kamera 4k diposisikan pada beberapa lokasi. Tampilan gambar yang real time menyajikan replay perlombaan secara jelas.

Replay juga bisa dijeda dalam tiap gerakan pendayung yang tengah bertarung di arena. Semua tim bahkan bisa di lihat lebih nyata ketika berlomba dan berpacu mengadu kecepatan. Kemampuan tilt platform memang bertujuan untuk melihat lebih fokus ke semau jenis cabang lomba di Olimpiade.

Biometric Data Display

Teknologi satu ini menempatkan 4 jenis kamera yang dipasangkan pada sejumlah titik. Dimana semua penonton bisa langsung menerima tampilan visual atlet ketika sedang mendayung. Bahkan dari data yang diambil bisa juga menampilkan warna kulit sampai keseluruhan data atlet dari grafik yang ditampilkan pada layar.

Penonton akan lebih mudah mengamati adrenalin melalui sensor detak jantung yang ditampilkan alat ini. Meski terbilang sederhana tetapi dengan tampilan yang diakses melalui aplikasi tersedia, para penonton seakan bisa memantau situasi dan kondisi semua atlet ketika berjuang dengan tim mereka di area dayung.

TrueView 360 Video

Semua penonton Olimpiade juga lebih nyata mendapatkan tampilan tayangan ulang cabang dayung dengan bantuan teknologi alat ini. TrueView menampilkan gambang dengan bentuk tiga dimensi dengan kapasitas perekaman 360 derajat di seluruh arena dayung.

Secara keseluruhan ada sebanyak 35 kamera dengan kekuatan 4k concourse. Semua bentuk tampilan atlet saat mendayung lebih bisa di ikuti semua penonton. Tampilan video juga langsung di tayangkan pada layar besar yang tersedia di pinggiran arena.

Pemanfaatan teknologi olah raga rowing / dayung dalam Olimpiade dinilai memberikan banyak manfaat. Terlebih bagi penonton yang lebih mudah mengikuti semua jenis cabang perlombaan ketika menonton langsung dilokasi. Penerapan teknologi lain juga digunakan pada beberapa jenis perlombaan. Kinerja alat-alat canggih ini akan terus dikambangkan untuk suksesnya Olimpiade kedepan.